Rabu, 17 Juni 2015

10 Cara Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anda


Berbicara mengenai Kesuksesan, berarti berbicara pula mengenai  Konsentrasi !! Looh??? kok bisa...??? tentu saja.... orang yang sukses, adalah orang yang berkonsentrasi penuh dengan target hidup yang telah ia buat dan kemudian mencapainya.
Akan menjadi Mission Impossible jika seseorang yang ingin mencapai kesuksesan tidak berkonsentrasi dengan proses hidupnya. Bahkan Tuhan menyuruh kita untuk selalu khusyuk dalam setiap sholat, karena orang yang khusyuk(berkonsentrasi penuh) adalah orang yang beruntung. Allah berfirman :

 قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ . الَّذِينَ هُمْ فِي صَلاتِهِمْ خَاشِعُونَ
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, [Al-Mukminun : 1-2]

Oleh karena itu penting bagi kita senantiasa berusaha meningkatkan konsentrasi agar hidup kita menjadi lebih berkualitas. Berikut ini 10 Cara Untuk Meningkatkan Konsentrasi anda :


1. Memahami Apa Yang Dimaksud "KONSENTRASI"

Sebelum anda berkonsentrasi sebaiknya pahami dulu makna konsentrasi terlebih dahulu. “Concentration is taking your mind off many things and putting it on one thing at a time.”
Artinya Konsentrasi adalah melepaskan fikiran anda dari banyak hal dan menempatkannya pada satu hal dalam suatu waktu.


2. Putuskan Apa Hal Yang Ingin Anda Konsentrasikan

Dalam banyak hal, anda akan menjadi apa yang anda konsentrasikan. Pernahkah anda berfikir kenapa anda berada di pekerjaan yang anda jalani sekarang?? atau anda menjalani hubungan dengan kekasih anda saat ini??
Itu semua berawal dari keputusan. Apa yang akan anda putuskan, sangat mempengaruhi hal yang anda dapatkan di masa yang akan datang. Contoh: Anda ingin mendapat nilai 10 di pelajaran Matematika saat UN nanti, maka anda memutuskan untuk berkonsentrasi penuh belajar matematika. Dari mulai latihan soal, menghafal rumus,dll. Atau anda ingin menjadi seorang prajurit TNI, maka anda akan memutuskan untuk latihan fisik setiap hari, dan berkonsentrasi penuh dengan segala hal yang dibutuhkan dalam seleksi penerimaan TNI tersebut agar bisa lolos dan menjadi prajurit TNI seperti yang anda impikan.So, putuskan terlebih dahulu tujuan anda, kemudian berkonsentrasilah dengan prosesnya!


3. Perhatikan Cara Orang Lain Berkonsentrasi

Pergilah ke bioskop dan perhatikan saat orang-orang di sekitar anda menikmati film itu penuh dengan konsentrasi. Ada yang menangis saat melihat film drama, ada pula yang ketakutan melihat film horor. Lihat ekspresi muka mereka, mata mereka bahkan sedikit sekali berkedip. Perhatikan pula hembusan nafas mereka yang lamban. Orang yang berkonsentrasi penuh akan menjiwai hal yang ia jalani.

4. Hindari Masukan Sensorik yang Terus Menerus

Multi-tasking (Menjalani lebih dari satu hal dalam satu waktu), Suara Bising, dan stimulasi visual (seperti menonton TV) akan membuat kita jauh lebih sulit untuk berkonsentrasi. Berada di sekitarnya (suara bising,visual TV,dan masukan sensorik lain) dalam waktu yang lama dan terus menerus dapat menimbulkan efek negatif seperti memiliki kebiasaan sulit memperhatikan dan susah beristirahat. Begitupun dengan melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Jika ingin lebih berkonsentrasi, cobalah untuk melakukan dan menyelesaikan satu hal terlebih dahulu.


5. Berkonsentrasi Penuh-lah Pada Satu Titik di Setiap Pekerjaan Anda.

Jangan biarkan apapun mengalihkan perhatian anda. Akan sangat membantu jika anda berada di tempat yang tenang. Atau bila perlu anda bisa menghalangi kebisingan misalnya dengan memakai earphone.

6. Stay Calm

Bersikap Tenanglah dalam berbagai situasi. Konsentrasi penuh adalah Soal meningkatan atau mengarahkan kekuatan kehidupan, atau kesadaran. Yang biasa juga disebut Cosmic Energy. Semakin anda tenang, cosmic energy yang anda miliki akan semakin baik.
Bila anda mengalami situasi yang sulit, anda harus tetap tenang. Fokuslah pada energy kosmos anda.
Learned to be calmly concentrated and be concentratedly calm !!


7. Pelajari Teknik Untuk Meningkatkan dan Mengontrol Energi Anda

 Salah satu teknik itu adalah  "Paramhansa Yogananda’s Energization Exercise", anda bisa mencobanya di sini.

8. Beristirahat

Pergilah ke luar dan tarik napas dalam-dalam atau melakukan jalan cepat. Lakukanlah hal ini sesering mungkin dan Anda akan dapat kembali menjalani tugas anda dengan lebih siap untuk fokus, dan lebih kreatif !


9. Belajar Bermeditasi

Meditasi adalah cara yang paling ampuh dari semua teknik peningkatan konsentrasi. Belajar teknik meditasi sederhana dan praktekkan setidaknya lima menit setiap hari.

10. Saat bermeditasi, Perhatikan Napas Anda

Anda tidak perlu mengendalikannya dengan cara apapun, hanya mengamati. Ini mengajarkan Anda untuk memfokuskan pikiran Anda pada satu hal pada suatu waktu. Ketika Anda mengamati napas Anda, itu akan memperlambatnya, bersama dengan pikiran (this is a scientifically well-documented), dan Anda merasakan perubahan menjadi lebih dinamis, perasaan yang penuh kedamaian (tapi tidak mengantuk). Pikiran Anda akan kembali segar dan kreatif reseptif (mau menerima ide-ide kreatif baru).

0 komentar:

Posting Komentar